Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Anti Berita Hoax untuk Menuju Indonesia Maju


Jumat, 27 April 2018. Sekitar pukul 9:00 WIB kegiatan Flash Blogging dengan tema “Menuju Indonesia Maju” di salah satu hotel di Kota Bengkulu yang diselenggarakan oleh Kekominfo Indonesia diadakan. Nah kali ini, saya akan merangkum materi dari kegiatan ini. Yuk, disimak!

Menuju Indonesia maju? Apa sih?
Menjadikan Indonesia sebagai negara maju beberapa tahun ke depan merupakan visi pemerintah Indonesia saat ini. Nah salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menjaga persatuan bangsa Indonesia. Kalian pernah dengar istilah hoax? Pasti pernah doong, itu tu berita atau info yang sumber nya tidak jelas, atau singkatnya berita palsu. Meski pun berita bohong, tapi hoax dibuat seolah-olah benar oleh pembuatnya. Alhasil banyak netizen yang seringkali terkecoh sama berita tersebut. Jadi percaya-percaya aja, padahal salah. Tidak jarang hoax memicu debat kusir. Akibat yang ditimbulkan berita hoax inilah yang mengancam persatuan dan kesatuan Indonesia. So, stop creating or spreading hoax! Jangan buat berita yang tidak memiliki sumber yang valid, apalagi jika niatan teman-teman untuk menyulut perkelahian dengan menyebar fitnah dan sebagainya. Jika melihat atau membaca berita di internet, ada baiknya teman-teman cek dulu sumber nya, valid kah? Jangan disebarluaskan aja. Bisa-bisa tersebar fitnah loh! Kan bahaya! Eh, udah pada tau kan kalau udah ada pasal untuk penebar hoax? Yap, Undang-Undang No.11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).


Ngomong-ngomong soal sebar menyebar berita, erat kaitannya dengan posting memposting ya.. mbak Mira Sahid, founder Emak-Emak Blogger dalam penyampaian materinya menyampaikan bahwa “You are what you write”, jadi sebelum posting sesuatu lebih baik dipikir dulu, Think Before Posting nih istilahnya.
T =  is it True?
Jadi, kalau mau posting apa-apa, apalagi berita-berita yang sensitif, mending ditelaah dulu, benar gak sih? Jujur gak sih kamu?

H = is it Hurtfull?
Isi postingan kamu kira-kira bakal menyakiti pihak tertentu gak sih?

I = is it Illegal?
Boleh gak sih diposting? Nah, yang ini kalau salah-salah bisa dituntut loh ya.

N = is it Necessary?
Perlu amat gak sih diposting? Kalau dipost apa untungnya?

K = is it Kind?
Perhatikan kesantunan postingan kita. Jika berkaitan dengan tulisan, cek lagi bahasa dan tanda bacanya, jangan sampai orang yang baca salah makna.

So, guys.. be smart netizen iyaa..
Kita masyarakat Indonesia harus ambil bagian dalam memajukan Indonesia, negeri kita sendiri. Pemerintah memang punya peran besar untuk itu, tapi masyakarat sebagai pihak yang juga akan turut merasakan hasil dari kemajuan Indonesia juga perlu ikut andil. Mulailah dari diri kita sendiri, lalu ke lingkungan disekitar kita. Sekecil apapun hal positif yang kita lakukan, tetaplah namanya positif. Sekecil apapun hal negatif yang kita lakukan, juga tetap namanya negatif. Masyarakat Indonesia terlebih lagi pemuda nih, kaum Milenia, yuk lakukan hal positif. Berpikir positif, bicara hal positif, dan bertindak positif, salah satu nya post hal positif. Kalau dirasa postingan kita bakal menimbulkan hal buruk, untuk apa di post? Tapi emang tau itu buruk atau enggak kalau gak dipikir dulu? Yah enggak, kan? I'll tell u once more. Think before Posting.
Semua hal baik yang kita lakukan untuk negeri akan menumbuhkan hal baik pula untuk negeri kita. Yuk sama-sama cintai negara kita. Percaya kan suatu saat Indonesia bisa jadi negara maju? Tindak kriminal berkurang, tingkat kemiskinan berkurang, pendapat masyarakat meningkat, hidup damai dan sejahtera. Percaya aja dulu. Bisa terwujud gak? Mudah-mudahan, kalau kita bisa bersatu. Jangan mau di adu domba ya..
Satu lagi nih, dapat quote dari kegiatan ini : “Jangan Pernah Lelah Mencintai Indonesia”
Stop Hoax For a Better Indonesia ^^

Ini foto-foto di kegiatan :
penyajian materi oleh pak Andoko Darta

foto bareng mbak Mira

pada asyik ngeblog nih..



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

Silahkan kirim saran,komentar, share your knowledge, tanya2 juga boleh di post ini y :)